BERITA KESEHATAN

Ada 4 Manfaat Konsumsi Kentang yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Marioqqlounge Ada 4 Manfaat Konsumsi Kentang yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh. Kentang merupakan salah satu jenis sumber karbohidrat yang potensial. Namun di Indonesia kentang masih dianggap sebagai cemilan di waktu senggang yang sering di konsumsi oleh setiap orang.

Ada 5 Manfaat Konsumsi

Selain rasa kentang yang lezat untuk kandungan nustrisinya juga kaya lho. Terkandung vitamin A,B komplek,C,hingga asam folat. Dengan kandungan demikian, apa saja manfaat kentang untuk kesehatan tubuh kita ?

Berikut ada 4 manfaat konsumsi kentang untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui seperti dilansir dari MARIOQQ.

1. Mengontrol gula darah

Ada 5 Manfaat Konsumsi

Kentang mempunyai kandungan khusus yaitu pati yang biasa disebut pati resisten yang bermanfaat untuk menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan kemampuan mengontrol gula darah.

Kentang juga berguna untuk mengatasi penyakit diabetes tipe 2 dengan menghilangkan kelebihan gula darah setelah makan.

2. Kaya antioksidan

Ada 5 Manfaat Konsumsi

Ternyata kentang kaya akan senyawa seperti flavonoid,karotenoid,dan aam fenolik yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk menetralkan zat berbahaya dan radikal bebas.

Antioksidan yang ada pada kentang juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Untuk kentang yang berwarna ungu juga memiliki antioksidan 3 hingga 4 kali lebih banyak daripada kentang putih dan berpotensi besar untuk menetralkan radikal bebas.

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Ada 5 Manfaat Konsumsi

Kandungan pati resisten pada kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati resisten bermanfaat besar untuk mengubah butirat asam lemak rantai pendek oleh bakteri baik di dalam usus besar.

Butirat juga bisa mengurangi peradangan di usus besar serta memperkuat pertahanan di usus besar,dan mengurangi resiko kanker kolestrol.

4. Membantu menjaga pola makan

Kentang memiliki manfaat lainnya yaitu dapat menjaga pola makans eeperti diet bebas gluten, Diet ini pun dapat menghilangkan kandungan gluten yang banyak terkandung dalam berbagai sumber protein contohnya seperti gandum,jelai,dan gandum hitam.

Banyak sekali orang yang tidak masalah saat konsumsi gluten. Namun tidak demikian dengan orang yang mengidap penyakit celiaac atau sensitif terhadap gluten. Mereka pasti akan merasa tidak nyaman saat memakannya seperti kembung,konstipasi,diare ataupun kulit kemerahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *